• Latest News

    Thursday 22 January 2015

    Biografi Lengkap Nelson Mandela

    Nama Lengkap: Nelson Rolihlahla Mandela
    Alias: Nelson Mandela | Madibaa
    Tempat Lahir : Mvezo, Afrika Selatan
    Tanggal Lahir: Kamis, 18 Juli 1918
    Wafat : Johannesburg, Afrika Selatan Jumat, 5 Desember 2013
    Kewarganegaraan: Afrika Selatan
    Nama Istri: Evelyn Ntoko Mase, Winnie Madikizela , Graça Machel
    Nama Ayah: Gadla Henry Mphakanyiswa
    Website : www.nelsonmandela.org



    Sorang tokoh terkenal dunia bernama lengkap Nelson Rolihlahla Mandela ( Nelson Mandela ) lahir di Mvezo, Afrika Selatan pada tanggal 18 Juli 1918. Mandela kecil tumbuh bersama dua saudarinya di kraal dan Ibunya di desa Qunu. Di desa Qunu, Mandela juga pernah bekerja sebagai gembala sapi dan selalu menghabiskan waktunya bersama anak – anak lainnya disana. Kedua orang tua mandela merupakan orang yang buta hurufm tetapi merupakan penganut Agama Kristen yang taat.
    Saat mandela berumur 7 tahun, ibunya mengirim ia ke sekolah Methodist untuk belajar disana. Ia dibaptis sebagai Methodist dan memiliki nama depan Inggris “Nelson” yang diberikan oleh gurunya. Ayahnya meninggal di desa Qunu karena mengidap penyakit paru – paru pada saat Mandela berumur 9 tahun.
    Oleh ibunya, Mandela dibawa ke istana “Great Place” di Mqhekezweni untuk diasuh oleh buapti Thembu yang merupakan Kepala Suku Jongintaba Dalindyebo. Disana Mandela merasa diperlakukan seperti anak sendiri oleh Jongintaba dan Istrinya. Mandela kembali bersekolah misa Methodist yang berada dekat istana tersebut. Ia banyak belajar bahasa Inggros, Xhosa, sejarah dan geografi. Pada saat itu Ia mulai tertarik dengan sejarah Afrika karena sering mendengarkan cerita – cerita yang diceritakan oleh pengunjung istana dan terpengaruh retorika anti-imperialis Kepala Suku Joyi.
    Mandela kemudian bersekolah di Clarkebury Boarding Institute saat berusia 16 Tahun untuk mempelajari kebudayaan barat. Ia mengambil program B.A di universitas Fort Hare pada tahun 1934. Di tahun itu juga Ia mempelajari ilmu hukum di University of The Witswatersand. Akhirnya Ia diminta keluar dari Universitas Fort Hare karena selalu menentang kebijakan Universitas tersebut, kemudian Mandela melanjutkan pendidikannya di Universitas South Africa.
    Nelson Mandela telah menikah sebanyak tiga kali, dimana pada dua pernikahan pertamanya berakhir dengan perceraian. Ia kemudian menikah dengan mantan presinden Mozambik yang bernama Samora Machel pada usia 80 Tahun. Hidup Seorang Nelson Mandela penuh dengan berbagai macam kasus dan pernah membuatnya sampai di Penjara. Mandela pernah ditangkap dan di vonis hakim selama 5 tahun penjara pada tanggal 5 Agustus 1962. Pada bulan februari 1985 ia kembali ditahan karena menolak pembebasan bersyarat dan menghentikan perjuangan bersenjata. Pada tahun 1990 Ia dibebaskan oleh karena Kampanye Internasional yang menuntut pembebasannya. Di Afrika Selatan, Nelson Mandela dikenal sebagai ” Bapak Bangsa ” dan ” Bapak Pendiri Demokrasi “. Pada tahun 1993, Ia menerima Hadiah Perdamaian Nobel bersama de Klerk. Nelson Mandela sangat berambisi terhadap perjuaangan anti-apartheid. Oleh karena ambisinya ini akhirnya Majelis Umum Perserikatan Bangsa – Bangsa ( PBB ) menjadikan hari ulang tahun Nelson Mandela, 18 Juli sebagai ” Hari Mandela “. Nelson Mandela sudah berjuang selama 67 Tahun dalam keterlibatannya berjuang dalam pergerakan anti-apartheid.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Biografi Lengkap Nelson Mandela Rating: 5 Reviewed By: PENGADILAN AGAMA KETAPANG
    Scroll to Top