• Latest News

    Friday 23 January 2015

    Objek Wisata Kota Ketapang Kal-Bar

    Belum mengenal ketapang kalau belum mengenal objek wisata ketapang. 18-01-2013 19:04 Kabupaten Ketapang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, terletak di antara garis 0º 19’00” - 3º 05’ 00” Lintang Selatan dan 108º 42’ 00” - 111º 16’ 00” Bujur Timur.

    Dibandingkan kabupaten lain di Kalimantan Barat, Kabupaten Ketapang merupakan kabupaten terluas, memiliki pantai yang memanjang dari selatan ke utara dan sebagian pantai yang merupakan muara sungai.

    Untuk Objek wisata di Ketapang sendiri akan saya jelaskan Satu persatu :
    1.   Keraton Kerajaan Matan
    Keraton Kerajaan Matan terletak di Kelurahan Muliakerta, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Keraton Raja Gusti Muhammad Saunan. Peninggalan sejarah yang populer di keraton ini adalah adanya meriam yang dikenal dengan nama Meriam Padam Pelita. Konon menurut cerita orang dulu apabila meriam ini dibunyikan maka seluruh Ketapang pada waktu itu, lampu pelitanya akan padam terkena bisa suara meriam ini. Yang lebih aneh lagi, diceritakan meriam ini meskipun kecil akan tetapi beratnya sangat luar biasa sehingga hanya kerabat keraton saja yang bisa mengangkatnya. Peninggalan lain yang cukup unik adalah koleksi aneka motif kain kerajaan yang sudah berusia 200-300 tahun, diantaranya motif corak nage belimbur, pelangi bekubak, corak linsang dan lain sebagainya yang tak kalah uniknya. Selain peninggalan-peninggalan tersebut terdapat juga aneka keramik dari berbagai dinasti dari Cina, Thailand dan Eropa.

    2.   Makam Keramat Tujuh

    Makam Keramat Tujuh Jln. Pangeran Kusuma Ratya, Muliakarta, Benua Kayong, Ketapang, Kalimantan Barat. Adalah komplek pemakaman tua tempat kerabat Kesultanan Matan dimakamkan gan. Setahu TS tempat ini terkenal angker

    3.   Pulau Sawi

    Pulau Sawi terletak di kecamatan Kendawangan, Ketapang , Kalimantan Barat. Di Pulau Sawi ini agan dapat menikmati indahnya pantai pasir putih, yang terhampar sepanjang pantai, biota laut, tradisi masyarakat setempat dan nyiur yang berjajar di sepanjang garis pantai.

    4.   Pantai Tanjung Belandang

    Pantai Tanjung Belandang terletak di Sungai Awan kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Pantai ini tidak jauh dari pusat kota Ketapang, setiap tahunnya seperti saat lebaran pantai ini ramai dikunjungi warga.

    5.   Rumah adat melayu ketapang

    Rumah adat melayu ketapang terletak di kelurahan mulia baru, kecamatan Delta Pawan, kira-kira 2 Km dari pusat kota Ketapang. Pengunjung yang akan menikmati objek wisata berupa Rumah adat melayu ketapang dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan beroda 2 atau 4 dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dari kota ketapang. Pengunjung tidak di pungut biaya.

    Ayo jalan-jalan ke kote kamek di jamin dak bakal nyesal.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Objek Wisata Kota Ketapang Kal-Bar Rating: 5 Reviewed By: PENGADILAN AGAMA KETAPANG
    Scroll to Top