• Latest News

    Wednesday 21 January 2015

    Generasi Perkembangan User Interface







    Gaya interaksi mempunyai aspek penting dalam dialog. Gaya interaksi berhubungan erat dengan  user interfaceyang juga mengalami perkembangan yang sangat cepat. Ada lima generasi perkembangan user interface yaitu :


    1.        Antar muka Sistem Berkelompok.
    Generasi pertama dari user interface, User berinteraksi dengan sistem melalui pengantar kerja secara berkelompok,  Semua perintah disampaikan terlebih dahulu sebelum dicetak hasilnya, daya guna antarmka rendah.
    Contoh  antar muka sistem berkelompok :




    2.       Antarmuka berorientasi baris perintah.
    Diperkenalkan tahun 1960-an. Sistem ini mula-mula menggunakan antar muka baris perintah berupa mesin Tele-type (TTY). Pengguna berinteraksi dengan mengetikkan perintah baris demi baris. Interaksi user dengan menggunakan perintah berbentuk dialog soal jawab. Antar muka ini memberikan daya guna yang rendah dan tidak memberikan kebebasan untuk berinteraksi dengan komputer, misalnya pengguna tidak dapat bergerak di sekitar tampilan. Dalam hal ini komputer lebih mengontrol user, tidak boleh ada kesalahan, dan membebani ingatan user.
    Contoh antar muka berorientasi baris perintah

    3.       Antarmuka Full Screen.
    Interaksi jenis ini membolehkan pengisian beberapa data untuk dimasukkan oleh user, Berbentuk pengisian borang , Sistem menu berbentuk user interface full screen.
    Contoh antarmuka full screen:


    4.      Antarmuka Pengguna Grafik
    Berbentuk visual (GUI : Graphic User Interface) menggunakan grafik, ikon, dan animasi, kemunculan  sejak awal 1960-an dan baru digunakan pada tahun 1980-an pada sistem 8010 Star Information System oleh Xerox Corporation, Interaksi berdasar WIMP (window, icon, menu, dan pointer),Manipulasi langsung dari user dengan objek visual melalui mouse atau peranti lain, Point and Click, Drag and Drop dan menggerakkan objek merupakan ciri utama dalam GUI.
    Contoh antarmuka pengguna Grafik:

    5.        Antar muka pengguna masa depan
    Antar muka pada masa yang akan datang mengarah pada penambahan berbagai unsur animasi objek dan audio (suara dan bunyi), unsur tiga dimensi (spasial atau ruang) dan dalam realitas maya dan berorientasi objek.

    Interaksi yang digunakan lebih ke bahasa alami (natural language) dan membenarkan pengunaan input tidak berformat. Selain itu komputer juga dapat menganalisa terhadap aktivitas user,   seperti :
    1.    Embodied Interaction
    Interaksi yang menggunakan gerakan tubuh untuk memberikan input ke komputer seperti gerakan tangan atau yang lain tanpa menggunakan mouse atau keyboard, misalnya pada film Minority Report


    2.    3D Virtual Reality
    Interaksi ini memberikan bentuk seolah user benar-benar berada di dalam komputer, ayau perwujudan interaksi dunia nyata dibentuk ke dalam dunia maya, misalnya pada permainan The Sim 2



    3.    Sensing Affect
    Membantu manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan keadaan lingkungan misalnya merasakan suhu, suara, melihat lingkungan dan sebagainya. Sistem ini biasa digunakan pada wearable compute dan aksesoriesnya.


    4.    Sensor Network
    Suatu sensor yang diletakkan pada tempat yang jauh dari komputer serta bisa mendeteksi penglihatan dan suara yang ada di sekitar lingkungannya.

    5.    Cyborg
    Komputer mini yang dimasukkan ke dalam suatu robot dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya anggota tubuh manusia.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Generasi Perkembangan User Interface Rating: 5 Reviewed By: PENGADILAN AGAMA KETAPANG
    Scroll to Top