• Latest News

    Friday 23 January 2015

    Makanan Khas Ketapang (Tanah Kayong) Kal-Bar



    Materi Belajar - Pada artikel sebelumnya saya menjelaskan tentang sejarah berdirinya kota ketapang, dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai makanan khas yang ada di Kota yang sangat saya cintai yaitu kota ketapang.

    Berbagai macam makanan khas disetiap wilayah yang ada di indonesia ini yang tidak mungin saya sebutkan satu persatu, begitu pula halnya Kota Ketapang atau sering di sebut dengan tanah kayong yang juga memiliki makanan khas tersendiri yang berbeda dengan daerah lainya.

    Tanpa berpanjang lebar lagi saya akan memperkenalkan Makanan khas yang ada di kota ketapang :
    1.   Ale-ale
    Ale-ale adalah sejenis hewan air yang menyerupai kerang. Hewan air ini juga dijadikan simbol atau tagline kota Ketapang, yaitu Ketapang, Kota Ale-Ale. Menurut mitos yang beredar, Ale-Ale adalah sejenis hewan yang hidup, yang berasal dari buah pohon Ketapang yang jatuh ke dalam sungai. Sulit untuk mempercayai-nya memang, maka hal ini lebih sering disebut sebagai mitos. Ale-ale hampir mirip dengan kerang, tapi maslah rasa ya pasti berbeda dong. Ale-ale juga dapat diolah menjadi berbagai macam masakan salah satunya adalah sambal ale-ale. Makanya kota ketapang selain disebut dengan tanah kayong ketapang juga di sebut tengan ‘kote Ale-Ale’ dalam bahase melayu..

    2.   Amplang
    Kota ketapang juga terkenal dengan makanan ringan yang asli dari Kabupaten Ketapang yang disebut "Amplang". Biasanya para wisatawan yang datang ke kota Ketapang tidak lupa untuk membeli Amplang buantan asli kota ketapang untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh pulang.

    Untuk bahan-bahan pembuatan ampalang saya juga kurang mengerti, yang saya tau pembuatan amplang menggunakan ikan tenggiri dan ikan belida.

    Untuk pembelian Amplang di lokasi Ketapang hanya sedikit yang saya tau, diantaranya : Amplang Along, Amplang Obic yang berada berdekatan di daerah kauman, Amplang Tahu Rasa yang berada di Mulia baru.

    Untuk harga Amplang sendiri bervariasi, mulai dari harga Rp.5000,- , Rp. 10.000,- , Rp. 15.000,- , Rp. 17.000,- Rp. 30.000,- sampai Rp.50.000,- dengan rasa bervariasi ada yg original, pedas, rasa keju dsb. Jika sudah masuk minimarket, harganya hanya selisih sekitar Rp.1500,- saja dari harga jika kita membeli langsung.

    3.   Jenjorong
    Jenjorong adalah makanan khas ketapang yang sangat umum. Maksudnya tidak hanya di ketapang tetapi juga ada di daerah laen seperti di daerah Banten yang di sebut jojorong.

    Untuk bahan pembuatan jenjorong adalah :
    • tepung kanji 1/2 ons            
    • tepung beras 2 ons              
    • gula merah, serut 21/2 ons               
    • air daun suji dan pandan 50 cc         
    • santan encer 750 cc              
    • garam secukupnya

    Kalau di daerah banten biasanya untuk wadah/tempat jenjorong sendiri menggunakan daun pisang, tetapi untuk daerah ketapang sendiri menggunakan wadah/tempat daun pandan. Daun pandan di sini bukanlah daun pandan yang biasa di gunakan untuk memasak tetapi daun pandan yang besar atau biasa yang kita temui daun pandan yang berduri.

    Masih banyak kuliner khas Kota Ketapang yang tidak saya sebutkan secara menyeluruh baik dari segi makanan dan minuman. Di sini saya hanya menyebutkan makanan khas ketapang yang umum di jumpai dan menjadi sangat khas.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Makanan Khas Ketapang (Tanah Kayong) Kal-Bar Rating: 5 Reviewed By: PENGADILAN AGAMA KETAPANG
    Scroll to Top