• Latest News

    Saturday 24 January 2015

    Misteri Tentang Padang 12 Ketapang kal-bar

    Daerah padang 12


    Padang 12 terletak di daerah kabupaten Ketapang, provinsi Kalimantan Barat. Mungkin sebagian orang masih bertanya -tanya apa itu Padang 12.? . Padang 12 adalah sebuah daerah yang menurut masyarakat di Ketapang adalah tempat yang sangat angker.

    Menurut cerita masyarakat padang 12 merupakan kampung orang kebenaran. Apa itu orang kebenaran?
    adalah sekelompok mahluk dari kalangan jin memiliki keluarga dan hidup berkelompok dan berumah tangga seperti manusia. Ciri - ciri utama mereka adalah tidak adanya garis di bawah hidung. Jika ada salah seorang dari manusia yang dapat bertemu atau melihat mereka itu adalah petuah.


    Dari cerita - cerita masyarakat ketapang ada seorang bidan yang tinggal di daerah Pesaguan di jemput orang dari padang 12 untuk membantu proses kelahiran di padang 12 tapi bidan ini tidak mengetahui bahwa yang menjemputnya adalah orang kebenaran. Lantas sang bidan ikut dan menbantu proses persalinan sampai selesai. setelah selesai bidan tersebut hanya di bayar dengan 2 potong kunyit. Tanpa masalah bidan pun minta di antar pulang kembali ke rumahnya.

    Ke esokan harinya dari 2 potong kunyit yang di berikan oleh keluarga misterius tersebut berubah menjadi bongkahan emas. seketika itu sang bidan baru mengetahui bahwa yang ditolongnya itu adalah penduduk padang 12.

    Lain lagi dengan yang di alami seorang masyarakat dari ketapang yang juga dapat petuah dari penduduk padang 12. Awal mula sebut saja pak Amin dari daerah kendawangan ingin pulang ke ketapang tepat di daerah padang 12 pak Amin di berhentikan seorang nenek - nenek yang ingin menumpangdan minta antar beberpa KM menuju ke daerah ketapang. tepat di tengah jalan Pak Amin ingin bertanya dengan sang nenek tersebut, namun apa yang terjadi nenek tersebut sudah tidak ada di belakang motor pak Amin dan hanya ada sepotong kunyit yang terletak di tempat duduk motor pak Amin.

    Sampai diketapang pak Amin langsung membuang kunyit tersebut. Pada malam harinya pak amin bermimpi bertemu dengan nenek tersebut. Nenek itu berkata "Cuk kenape kunyit nye kau buang padahal itu hadiah nenek untuk cucuk, asal cucuk tau kunyit itu adalah emas."

    Keesokan harinya pak Amin bercerita tentang pengalamanya dan mimpinya. menurut masyarkat sekitar dan tetangga pak Amin itu adalah salah satu penduduk padang 12.

    Ada juga Yang bilang seperti ini
    Dulu sekali ada orang dari Ketapang memesan sejumlah mobil di dealer tempat teman gw kerja. Orang tersebut nyerahin alamat tempat mobil-mobil yang di pesan buat diantar. Karena teman gue bukan asli kalbar, jadi ketika alamat tersebut nunjukin alamat itu teman gue gak merasa aneh. Selanjutnya sejumlah uang jutaan rupiah dibayarkan. Lalu sebelum mobil-mobil itu dikirim, teman gw survey dulu tempat dikirimnya mobil-mobil itu.

    Ketika di survey teman gue merasa takjub coz tempat dimana mobil itu bakal dikirim ternyata di tengah2 kota yang bersih. Bahkan lebih bersih dari seluruh kota yang ada di Kalbar. Setelah disurvey teman gw ngubungin karyawan buat nyiapin mobil-mobil sesuai pesanan.

    Beberapa hari kemudian, mobil-mobil itu siap buat dikirim. Karena cuma teman gw yang tau jalan, jadi dia terpaksa ikut. Setelah melewati beberapa jam perjalanan, teman gw merasa heran, coz menurutnya seharusnya ia sudah sampai di tempat tujuan. Namun yang ada di depannya cuma padang rumput yang luas.

    Akhirnya teman gw kembali, dan di tengah perjalanan ia bertanya kepada pejalan kaki yang tinggal di daerah sebelum padang 12. Orang itu bilang kalo padang 12 itu memang seperti itu, katanya disana dihuni oleh orang "kebenaran" atau jin. Jadi teman gw itu udah diliatin bagaimana mewahnya kota itu. Lalu orang itu bilang, kalo mobil yang udah dipesan ditinggalin aja di tempat sesuai dengan apa yang dipesan oleh orang kebenaran itu. Setelah kejadian itu teman gw udah trauma pergi ke Ketapang.

    Hal ini sebenarnya juga udah pernah dialami salah satu penyanyi dangdut tersohor yaitu Rhoma Irama. Rhoma Irama bilang ia udah 3 kali konser ke Kalimantan Barat, satu kali di Pontianak, and dua kali ke Ketapang. Namun orang2 yang tinggal di ketapang pada bilang kalo Rhoma Irama baru satu kali ke ketapang. Menurut cerita Rhoma irama, katanya waktu ia konser yang kedua di ketapang, ia merasa heran, karena semua penontonnya menggunakan pakaian serba putih, untuk wanitanya semuanya menggunakan kerudung. Untuk kotanya sendiri ia bilang sangat bersih di banding kota2 lain di Indonesia.

    Sumber : 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Misteri Tentang Padang 12 Ketapang kal-bar Rating: 5 Reviewed By: PENGADILAN AGAMA KETAPANG
    Scroll to Top