Gaya interaksi mempunyai aspek
penting dalam dialog. Gaya interaksi berhubungan erat dengan user interfaceyang juga mengalami
perkembangan yang sangat cepat. Ada lima generasi perkembangan user interface
yaitu :
1.
Antar muka Sistem Berkelompok.
Generasi pertama dari user interface, User berinteraksi dengan
sistem melalui pengantar kerja secara berkelompok, Semua perintah disampaikan terlebih dahulu
sebelum dicetak hasilnya, daya guna antarmka rendah.
Contoh
antar muka sistem berkelompok :
2. Antarmuka berorientasi
baris perintah.
Diperkenalkan
tahun 1960-an. Sistem ini mula-mula menggunakan antar muka baris perintah
berupa mesin Tele-type (TTY). Pengguna berinteraksi dengan mengetikkan perintah
baris demi baris. Interaksi user dengan menggunakan perintah berbentuk dialog
soal jawab. Antar muka ini memberikan daya guna yang rendah dan tidak
memberikan kebebasan untuk berinteraksi dengan komputer, misalnya pengguna
tidak dapat bergerak di sekitar tampilan. Dalam hal ini komputer lebih
mengontrol user, tidak boleh ada kesalahan, dan membebani ingatan user.
Contoh
antar muka berorientasi baris perintah
3. Antarmuka Full Screen.
Interaksi
jenis ini membolehkan pengisian beberapa data untuk dimasukkan oleh user, Berbentuk
pengisian borang , Sistem menu berbentuk user interface full screen.
Contoh
antarmuka full screen:
4. Antarmuka Pengguna
Grafik
Berbentuk visual (GUI : Graphic User Interface) menggunakan
grafik, ikon, dan animasi, kemunculan sejak awal 1960-an dan baru digunakan pada
tahun 1980-an pada sistem 8010 Star Information System oleh Xerox Corporation, Interaksi berdasar WIMP (window, icon, menu, dan pointer),Manipulasi
langsung dari user dengan objek visual melalui mouse atau peranti lain, Point
and Click, Drag and Drop dan menggerakkan objek merupakan ciri utama dalam GUI.
Contoh
antarmuka pengguna Grafik:
5.
Antar muka pengguna
masa depan
Antar
muka pada masa yang akan datang mengarah pada penambahan berbagai unsur animasi
objek dan audio (suara dan bunyi), unsur tiga dimensi (spasial atau ruang) dan
dalam realitas maya dan berorientasi objek.
Interaksi
yang digunakan lebih ke bahasa alami (natural language) dan membenarkan
pengunaan input tidak berformat. Selain
itu komputer juga dapat menganalisa terhadap aktivitas user, seperti :
1. Embodied Interaction
Interaksi
yang menggunakan gerakan tubuh untuk memberikan input ke komputer seperti
gerakan tangan atau yang lain tanpa menggunakan mouse atau keyboard, misalnya
pada film Minority Report
2. 3D
Virtual Reality
Interaksi
ini memberikan bentuk seolah user benar-benar berada di dalam komputer, ayau
perwujudan interaksi dunia nyata dibentuk ke dalam dunia maya, misalnya pada
permainan The Sim 2
3. Sensing
Affect
Membantu
manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan keadaan lingkungan
misalnya merasakan suhu, suara, melihat lingkungan dan sebagainya. Sistem ini
biasa digunakan pada wearable compute dan aksesoriesnya.
4. Sensor
Network
Suatu
sensor yang diletakkan pada tempat yang jauh dari komputer serta bisa
mendeteksi penglihatan dan suara yang ada di sekitar lingkungannya.
5. Cyborg
Komputer
mini yang dimasukkan ke dalam suatu robot dan dapat berfungsi sebagaimana
mestinya anggota tubuh manusia.
0 komentar:
Post a Comment