• Latest News

    Wednesday 11 March 2015

    Cara dan panduan pemasangan RJ-45 ke kabel LAN/UTP




    Materi Belajar - Banyak di antara kita yang bingung bagaimana cara memasang RJ-45 ke kabel LAN/UTP. Sebelum kita memulai pemasangan kabel LAN maka terlebih dahulu kita mengenal apa itu kabel LAN/UTP.

    Kabel lan merupakan media transmisi Ethernet yang menghubungkan piranti-2 jaringan dalam jaringan komputer anda. Adalah sangat bermanfaat jika anda mengenal lebih baik mengenai kabel lan sebelum anda membuat design jaringan. Design kabel jaringan yang bagus, merupakan unsur pendukung yang membuat jaringan komputer lan anda nantinya mudah dipelihara dan bisa diandalkan. Jadi kabel lan sangat bermanfaat sekali dalam realitas jaringan.

    bagaimana cara membuat kabel LAN itu sendiri :
    Alat dan Bahan           :         
    1. Kabel UTP 1 meter
    2. Konektor RJ-45 4 buah. (Cross 2 dan Straight 2)
    3. Tang Crimping
    Cara Mengcrimping Kabel LAN:      
    1. Memotong bungkus kabel LAN dengan memutar - mutar kabel tersebut pada bagian pemotong tang crimping.
    2. Sehingga didapatkan kabel "gundul" seperti ini
    3. Meluruskan kabel yang telah gundul tersebut. Lurus itu bertujuan agar dalam penataan kabel menjadi mudah. Kabel lurus tersebut bisa seperti ini :
    4. Setelah kabel lurus, tatalah urutan warna kabel tersebut. Warna kabel tersebut ada yang Orange, Orange Putih, Hijau Putih, Hijau, Biru, Biru Putih, Coklat, dan Coklat Putih.
    Pada penataan crimping kabel, ada 2 penataan kabel. Yaitu CROSS dan STRAIGHT. Tentunya kedua kabel tersebut berbeda aturan penataannya. 
    Kabel Straight :
    Pada Kabel Straight, Ujung satu : Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Pada ujung yang lainnya sama. Rumus STRAIGHT : Ujung 1 = Ujung 2   
    Kabel CROSS :
    Pada Kabel Cross, Ujung satu : Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Pada ujung yang lainnya : Hijau Putih, Hijau, Orange Putih, Biru, Biru Putih, Orange, Coklat Putih, dan Coklat. Rumus CROSS : Ujung 1 tidak sama dengan Ujung 2. Ujung 1 Straight dan Ujung 2 Cross        

    5. Setelah kabel diatur dengan warna tersebut, potonglah kabel tersebut sehingga terbentuk rataan yang LURUS. Memotong tersebut dengan tang crimping.
    6. Setelah kabel tersebut lurus, masukkan ujung - ujung kabel tersebut ke dalam konektor RJ-45
    7. Setelah masuk. Maka "Kuncilah" Konektor tersebut dengan tang crimping. Usahakan sampai berbunyi Klik. Setelah dikunci, maka kabel LAN tersebut sudah jadi dan siap digunakan

    Jika ingin lebih jelas, saksikan video di bawah ini :

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Cara dan panduan pemasangan RJ-45 ke kabel LAN/UTP Rating: 5 Reviewed By: PENGADILAN AGAMA KETAPANG
    Scroll to Top